Hasna, Nabila Putri (2023) PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PELAYANAN TERHADAP ANGGOTA KOPERASI (STUDI KASUS KOPERASI PETERNAK SATRIA, PURWOKERTO, BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Hasna Nabila Putri_Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam Mendukung Efektivitas Pelayanan Terhadap Anggota Koperasi (Studi Kasus Koperasi Satria, Purwokerto, Banyumas).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sistem Informasi Manajemen atau disingkat SIM adalah rangkaian kegiatan yang berkaitan dalam sebuah organisasi dengan memanfaatkan sumber daya manajemen (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling) agar mencapai sasaran dan tujuan organisasi yang diwujudkan dalam sebuah perangkat lunak (software) yang berfungsi untuk membantu pihak menajemen di dalam mengelola usahanya sehingga dihasilkan informasi yang tepat guna dan tepat waktu. Oleh karena itu penting untuk mengetahui peran Sistem Informasi Manajemen dalam mendukung efektivitas pelayanan khususnya terhadap anggota di koperasi PESAT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Sistem Informasi Manajemen dalam mendukung efektivitas pelayanan terhadap anggota koperasi PESAT Purwokerto. Berdasarkan tujuannya penelitian ini menggunakan field research dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Koperasi PESAT, Purwokerto, Banyumas.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Wawancara ini dilakukan kepada manager dan anggota koperasi PESAT. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kemudian ditarik kesimpulan. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa sebuah Sistem Informasi Manajamen yang baik dan efektiv harus memenuhi tiga kriteria yaitu dapat mengolah data secara benar sesuai ketentuan perusahaan dan menghasilkan Laporan yang akurat, mudah diaplikasikan oleh pelaksana, serta aman dari kemungkinan tindak kecurangan yang dilakukan pihak-pihak tertentu. Dari ke tiga kriteria di atas untuk poin pertama dan kedua sudah terakomodasi dengan baik. Akan tetapi untuk poin ke tiga yaitu masalah keamanan data dan asset perusahaan masih terdapat kelemahan yang bisa menjadi peluang untuk melakukan kecurangan diantaranya adalah terjadi tumpang tindih wewenang antar unit yang ada
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Manajemen, Efektivitas Pelayanan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Hasna Hasna Putri sdri |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 07:03 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 07:03 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20036 |
Actions (login required)
View Item |