IMPLEMENTASI STRATEGI SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO

ISLAHUDIN, MAGHRIBI (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN. Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Islahudin Maghribi_IMPLEMENTASI STRATEGI SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di zaman yang terus berkembang dengan pesat ini, manusia masih banyak yang lalai bahkan sampai melupakan akan agama dan Al-Qur’an khususnya yang menjadi pedoman bagi kehidupan. Maka sangat dibutuhkan strategi dalam belajar agama sebagaimana mempelajari Al-Qur’an supaya tidak mudah bosan dan terus semangat mempelajarinya. Di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto dalam menerapkan pembelajaran ini sangat ditekankan khususnya kelas tahfidz yang mempelajari Al-Qur’an setiap harinya. Oleh karenanya strategi scramble merupakan langkah penting yang dilakukan untuk mengimplementasikan Strategi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto dari segi perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi pembelajaran atau tahap akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Untuk subjek penelitian ini adalah kepala sekolah yang digantikan oleh waka kurikulum, guru Al-Qur’an Hadis dan siswa kelas VII Tahfidz. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah implementasi strategi scramble dalam pembelajaran membaca al-qur’an di smp muhammadiyah 3 purwokerto Kabupaten Banyumas telah sesuai dengan teori pembelajaran dan implementasi. Dimana pembelajaran di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan implementasi pembelajaran Membaca Al-Qur’an meliputi Pra Pembelajaran serta Pembelajaran Praktik Membaca Al-Qur’an Menggunakan Strategi Scramble. Sebelum memasuki pembelajaran dan praktik membaca Al-Qur’an, seluruh siswa membaca terlebih dahulu dan do’a bersama. Dalam praktik membaca Al-Qur’an langkah terakhir dari implementasi strategi scramble ialah ketika membaca Al-Qur’an guru melakukan evaluasi dengan cara memberikan pertanyaan hukum tajwid yang sedang dibaca serta penjelasan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Scramble, Pembelajaran membaca Al-Qur’an.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Islahudin Maghribi sdr
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:06
Last Modified: 04 Jul 2023 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19971

Actions (login required)

View Item View Item