PENGARUH PRODUCT, PRICE DAN PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN REKSADANA SYARIAH (STUDI KASUS PADA INVESTOR APLIKASI BIBIT)

Akmal Fatah, Rifa'i (2023) PENGARUH PRODUCT, PRICE DAN PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN REKSADANA SYARIAH (STUDI KASUS PADA INVESTOR APLIKASI BIBIT). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Akmal FR_Pengaruh Product, Price dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Reksadana Syariah (Studi Kasus Pada Investor Aplikasi Bibit).pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan investasi di indonesia mengalami peningkatan yang pesat saat pandemi. Masyarakat yang awalnya memakai dana untuk konsumtif kemudian pada saat pandemi dana tersebut dialihkan untuk kebutuhan jangka panjang yaitu investasi.Salah satu jenis pasar modal syariah yang banyak dilirik oleh masyarakat adalah reksadana syariah. Berdasarkan data yang dirilis OJK perkembangan Reksadana syariah naik pesat dalam 5 tahun terakhir. Kemajuan teknologi fintech saat pandemi semakin memudahkan orang dalam melakukan transaksi melalui gadget menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan investor Indonesia. Diantara banyak fintech investasi ritel online, Bibit turut andil bagian menjadi salah satu penyedia layanan keuangan investasi. Untuk itu, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana pengaruh product, price dan poromotion terhadap keputusan pembelian Reksadana syariah pada investor yang berinvestasi di aplikasi Bibit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada komponen pemasaran yaitu product, price dan promotion terhadap keputusan pembelian Reksadana syariah pada investor yang berinvestasi di aplikasi Bibit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang sumber data penelitiannya yaitu data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Populasi didalam penelitian ini adalah seluruh anggota grup official Telegram Bibit dan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 100 responden menggunakan Teknik Probability Sampling dengan pendekatan Simple Random Sampling. Pengolahan data primer menggunakan Teknik analisis Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa H1 (product berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian) diterima, H2 (price berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian) diterima, H3 (promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian) diterima dan H4 (product, price dan promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian) diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bibit,reksadana syariah, keputusan pembelian, product, price,promotion
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic Institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Akmal Fatah Rifa'i sdr
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:26
Last Modified: 22 Jun 2023 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19772

Actions (login required)

View Item View Item