PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTs MA'ARIF NU 05 MAJASARI

Rizki Amalia, Lukmani (2023) PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTs MA'ARIF NU 05 MAJASARI. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizki Amalia Lukmani_ Penerapan Media Ular Tangga Dalam Pembelajaran Mufradat di MTs Ma'arif NU 05 Majasari.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Fungsi media alam kegiatan belajar mengajar disamping sebagai penyaji stimulus informasi sikap juga untuk meningkatkan keserasian dalam penerimaan informasi. Selain itu media juga berfungsi sebagai pengatur langkah – langkah kemajuan serta untuk memberikan umpan balik. Penerpan media yang tepat akan membantu keberhasilan proses belajar mengajar dn memudahkan siswa untuk menyerap materi pelajaran. Untuk mecapai keberhasilan dalam pembelajaran bahasa arab terutama dalam pembelajaran mufradat bisa menggunakan media yang kreatif seperti media yang edukatif salah satunya ular tangga. Media ini sangat menyenangkan dalam memahami mufradat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (filed research) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang penulis lakukan yaitu melalui reduksi data, penyajia data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran mufradat di MTs Ma’arif NU 05 Majasari guru melakukan pembelajaran mufradat dengan menggunakan media ular tangga. Langkah awal yang dilakukan adalah guru mempersiapkan papan ular tangga yang sudah terisi ada mufrada>t yang berbahasa arab dan ada mufradat berbahasa indonesia . Kemudia siswa dibagi menjadi beberapa kelompok agar mudah dalam menjalankannya. Saat penggunaan media ular tangga berlangsung jika berhenti di mufradat yang berbahasa arab siswa harus mengartikan kebahasa indonesia begitupun sebaliknya ketika berhenti di mufradat berbahasa indonesia maka harus mengartikan ke bahasa arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Media Ular tangga, Pembelajaran mufradat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rizki Amalia Lukmani sdri
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:43
Last Modified: 15 Jun 2023 07:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19638

Actions (login required)

View Item View Item