PENGARUH HAFALAN MUFRODAT TERHADAP KEMAMPUAN MUHADATSAH SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN AL FALAH SONGGOM BREBES

Ikrimatul, Aola (2023) PENGARUH HAFALAN MUFRODAT TERHADAP KEMAMPUAN MUHADATSAH SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN AL FALAH SONGGOM BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ikrimatul Aola_Pengaruh Hafalan Mufrodat terhadap Kemampuan Muhadatsah Santri Pondok Pesantren Modern Al Falah Songgom Brebes.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara hafalan mufrodat terhadap kemampuan muhadatsah santri pondok pesantren modern Al Falah Songgom Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian field research yaitu dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data penelitian. Objek penelitian ini diambil dari populasi santri pondok pesantren modern Al Falah Songgom Brebes yang berjumlah 60 santri. Pengambilan sampel dilakukan secara random dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah 60 sampel. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan tes yang berupa soal essay. Instrumen tersebut telah diuji keabsahannya melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Metode pengumpulan data berupa tes dilakukan dua kali dengan temaالمدرسة dan البيت yang telah diuji validitas. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel hafalan mufrodat sebagai variabel independen serta variabel dependen yaitu kemampuan muhadatsah. Analisis data menggunakan analisis regresi yang diolah dengan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hafalan mufrodat dalam kategori “sangat tinggi” dengan presentase 30% pada interval nilai 83-100 dan hasil kemampuan muhadatsah dalam kategori “sedang” dengan presentase 26,67% pada interval nilai 49-65. Sedangkan pada uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi ŷ = 12,604 + 0,658 X, dimana setiap penambahan satu satuan pada variabel hafalan mufrodat maka variabel kemampuan muhadatsah akan naik sebesar 0,658 dan arah hubungannya positif. Hasil analisis regresinya diperoleh nilai t_(hitung ) 7,833 ≥ t_(tabel )5,621 menunjukkan Ho ditolak dan hafalan mufrodat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan muhadatsah. Pencarian besarnya pengaruh hafalan mufrodat terhadap kemampuan muhadatsah diperoleh nilai r^2 sebesar 0,514 atau 51,4% dan sisa persentasenya (48,6%) dipengaruhi oleh faktor faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hafalan Mufrodat, Kemampuan Muhadatsah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ikrimatul Aola sdri
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:55
Last Modified: 12 Jun 2023 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19554

Actions (login required)

View Item View Item