STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MATERI QIRA’AH DI SMP NEGERI 2 KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

TARI, RAHMAWATI (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MATERI QIRA’AH DI SMP NEGERI 2 KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
TARI RAHMAWATI_STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MATERI QIRA'AH DI SMP NEGERI 2 KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2022-2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran adalah rangkaian kegiatan dalam proses pembelajaran yang terkait dengan pengelolaan siswa, pengelolaan guru,pengelolaan kegiatan pembelajaran, pengelolaan sumber belajar dan penilaian (assesment) agar kegiatan pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran bahasa arab materi qira‟ah di SMP Negeri 2 Kertanegara Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui tahap wawancara, observasi, dan dokumentasi saat penelitian. Teknis analisis data, reduksi data, penyajian, keabsahan data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam strategi pembelajaran materi qira‟ah sebagai berikut: Tahap perencanaan, sekolah melakukan rapat terlebih dahulu mengenai pembelajaran bahasa arab untuk kemudian mendapatkan hasil rapat dengan langkah perencanaan yaitu pertama, menentukan alokasi waktu dan minggu efektif, kemudian kedua yaitu menyusun program tahunan, ketiga menyusun program semester, keempat membuat silabus pembelajaran dan langkah terakhir dalam proses perencanaan yaitu menyusun RPP. Pada tahap, strategi pembelajaran bahasa arab yang digunakan ialah strategi qira‟ah. Pada tahap pelaksanaan strategi pembelajaran qira‟ah sudah sistematis mulai dari kegiatan pendahuluan yang dilakukan sebelum guru menjelaskan materi, kemudian kegiatan inti dimana guru menjelaskan materi, selanjutnya evaluasi dan penutup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Pembelajaran Qira‟ah , Strategi Pembelajaran
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Tari Rahmawati sdri
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:45
Last Modified: 12 Jun 2023 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19548

Actions (login required)

View Item View Item