IMPLEMENTASI DIRECT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII SMP Ya BAKII 1 KESUGIHAN CILACAP

FATMAYA ANISA, RAHMANIA (2023) IMPLEMENTASI DIRECT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII SMP Ya BAKII 1 KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
FATMAYA ANISA RAHMANIA_IMPLEMENTASI DIRECT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII SMP Ya BAKII 1 KESUGIHAN CILACAP.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap ini merupakan satu mata pelajaran muatan lokal. Dilihat dari latar belakang pendidikan peserta didik yang beragam, mata pelajaran bahasa arab ini menjadi salah satu mata pelajaran yang relative berat untuk bisa dikuasai oleh para peserta didik. Dengan adanya model pembelajaran yang diterapkan di SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap ini disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan harus dipilih secara tepat. Model pembelajaran ialah salah satu faktor penting untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Dengan ini, proses pembelajaran bahasa arab di kelas VIII SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Tujuan dari penelitian ini ialah guna menganalisis implementasi model pembelajaran direct instructionn dalam proses pembelajaran bahasa arab kelas VIII SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Object penelitian pada skripsi ini adalah Implementasi Direct Instruction dalamn Pembelajaran Bahasa Arab kelas VIII SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap. Adapun Subject pada skripsi ini ialah Guru Bahasa Arab kelas VIII dan peserta didik kelas VIII SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Direct Instruction dalam proses pembelajaran Bahasa Arab kelas VIII SMP Ya BAKII 1 Kesugihan Cilacap ini diawali dengan persiapan, meliputi : penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Mempersiapkan jurnal dan presensi siswa, serta menyiapkan materi yang akan disampaikan dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction. Pada langkah inti, guru menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didik. Dan pada langkah terakhir dalam kegiatan pembelajaran, guru melakukan evaluasi. Evaluasi dengan tes tertulis, peserta didik mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru. evaluasi tidak tertulis,dengan cara tes lisan dan praktik. Dengan model pembelajaran direct instruction ini peserta diharapkan untuk lebih antusias dalam proses pembelajaran serta untuk lebih bisa dalam memahami, menghafal materi yang telah diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction, Implementasi, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fatmaya Anisa Rahmania sdri
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:38
Last Modified: 09 Jun 2023 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19532

Actions (login required)

View Item View Item