PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN PICTURE STORY BOOK DI SD NEGERI 1 MAJAPURA KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Lik, Nuralim (2023) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN PICTURE STORY BOOK DI SD NEGERI 1 MAJAPURA KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
LIK NURALIM-1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu penunjang pendidikan dasar adalah agar secara optimal mampu mananamkan kebiasaan membaca berbahasa sejak dini, karena membaca merupakan salah satu kunci kesuksesan seseorang dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan salah satu pendukung dalam pembelajaran keterampilan membaca siswa yaitu dengan menggunakan media picture story book yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Media picture story book adalah buku yang menampilkan cerita menggunakan gambar. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui deskripsi pembelajaran keterampilan membaca dengan piture story book di SD Negeri 1 Majapura Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Tempat penelitian yang penulis ambil adalah di SDN 1 Majapura Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah dengan obyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II. Sumber dan data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penellitian kualitatif dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini yakni, Pertama, pelaksanaan pembelajaran dengan picture story book yaitu siswa diberi kesempatan untuk berlatih secara langsung memahami cerita yang ada dalam buku cerita bergambar melalui praktik membaca. Melaui praktik langsung ini dapat meningkatkan keterampilan membaca dan perolehan kosakata Bahasa Indonesia, performa guru dalam pembelajaran, serta aktivitas siswa. Kedua, keterampilan membaca bahasa Indonesia siswa kelas II SDN 1 Majapura Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga mengalami perkembangan dimana siswa yang mendapatkan predikat nilai amat baik (A) berjumlah 10 siswa, siswa yang mendapatkan predikat baik (B) berjumlah 20 siswa, siswa mendapatkan nilai predikat cukup (C) berjumlah 4 siswa, dan siswa mendapatkan nilai predikat kurang (D) berjumlah 2 siswa. Ketiga, perolehan kosakata Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN 1 Majapura Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga, juga mengalami peningkatan setelah menggunakan media picture story book dimana siswa yang mendapatkan predikat nilai amat baik (A) berjumlah 10 siswa, siswa yang mendapatkan predikat nilai baik (B) berjumlah 18 siswa, siswa yang mendapatkan predikat nilai cukup (C) berjumlah 7 siswa, dan siswa yang mendapatkan predikat nilai kurang (D) berjumlah 1 siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Keterampilan Membaca, Picture Story Book
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
400 Language > 401 Philosophy and theory
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Iik Nuralim sdr
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:37
Last Modified: 24 Jul 2023 04:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/19513

Actions (login required)

View Item View Item