DESI EKA RUSTIANA, 1123301004 (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK AL-HIKMAH LIMBANGAN KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.
Text
DESI EKA RUSTIANA_STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK-AL HIKMAH LIMBANGAN KUTASARI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (859kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan suatu bangsa tidak hanya ditentukan oleh melimpah ruahnya sumber daya alam, akan tetapi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Karakter bangsa merupakan aspek penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa . oleh karena itu, karakter yang berkualitas perlu dibina sejak anak usia dini agar anak terbiasa berperilaku positif. Kegagalan penanaman kepribadian yang baik di usia dini akan membentuk pribadi yang bermasalah dimasa dewasanya kelak. Pembentukan karakter anak usia dini dilaksanakan denganmengacu pada 18 nilai-nilai karakter yang bersumber dariagama, budaya, dan falsafah bangsa. Pembentukan karakter akan mendapatkanhasil yang maksimal jika dilakukan dengan berbagai strategi yang sesuai dengan keadaan anak usia dini. Penerapan strategi dalam pembentuk karakter anak usia dini di TK Al-Hikmah Limbangan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalinggadilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter kedalam pembelajaran, pengembangan budaya sekolah, ekstrakurikuler dan kegiatan di rumah. Kegiatan pengintegrsaian dilakukan agar nilai-nilai karakter dapat terbentuk dengan baik.Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembentukan karakter anak usia dini di TK Al-Hikmah Limbangan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitianya kualitatif. Dalam penelitian yang penulis lakukan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan anak usia dini TK Al-Hikmah Limbangan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga, sedangkan objek penelitian ini adalah strategi pembentukan karakter anak usia dini di TK Al-Hikmah Limbangan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisi data yaitu menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam pembentukan karakter anak usia dini dilakukan dengan mengacu 18 nilai-nilai karakter dengan strategi keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan , menciptakan suasana kondusif,integrasi dan internalisasi yang diterapkan kedalam pembelajaran, pengembangan budaya sekolah (kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengondisian), ekstrakurikuler dan kegiatan di rumah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan karakter dan Anak usia dini |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 08:50 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 08:50 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1858 |
Actions (login required)
View Item |