MAMLUATURRO’FAH, 1123306173 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MENGENAL BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN KEGUNAANNYA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL VCD PADA SISWA KELAS II SEMESTER I MI MA’ARIF NU 1 GANCANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.
![]() |
Text
MAMLUATURRO'FAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MENGENAL BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN KEGUNAANNYA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL VCD.pdf Restricted to Registered users only Download (959kB) |
|
|
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (802kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pembelajaran IPA materi bagianbagian tumbuhan dan kegunaannya di kelas II MI Ma’arif NU 1 Gancang Kecamatan Gumelar yang belum mampu mencapai ketuntasan klasikal dan belum pernah dilakukan upaya perbaikan melalui penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah media audio visual VCD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi mengenal bagian-bagian tumbuhan dan kegunaannya pada siswa kelas II di MI Ma’arif NU 1 Gancang Kecamatan Gumelar Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media audio visual VCD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi mengenal bagian-bagian tumbuhan dan kegunaannya pada siswa kelas II di MI Ma’arif NU 1 Gancang Kecamatan Gumelar Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data meliputi data primer yaitu siswa kelas II MI Ma’arif NU 1 Gancang Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan sebagai berikut: (1) Penggunaan media audio visual VCD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi mengenal bagian-bagian tumbuhan dan kegunaannya pada siswa kelas II MI Ma’arif NU 1 Gancang Gumelar Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015; dan (2) Berdasarkan data hasil belajar siswa, diketahui jumlah siswa tuntas belajar pada observasi awal dokumentasi nilai tahun pelajaran 2012/2013 sebesar 47,83%, ketuntasan tahun pelajaran 2014/2015 sebesar 45,45% dan setelah perbaikan pembelajaran dengan media audio visual VCD ketuntasan pada siklus I ada 63,64% atau terdapat peningkatan dibandingkan pada observasi awal. Pada siklus II meningkat menjadi 90,91%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPA, media audio visual VCD |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 07:33 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 07:33 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |