PELAKSANAAN OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN BANYUMAS

ZULFATUS SA’ADAH, 1123302015 (2015) PELAKSANAAN OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ZULFATUS SA'ADAH_PELAKSANAAN OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lingkungan sekitar memanglah bermanfaat untuk dunia pendidikan. Lingkungan sekitar memberikan kontribusi yang baik bagi pembelajaran, di antaranya yakni meningkatkan motivasi, minat serta hasil belajar siswa, memberikan berbagai pengalaman yang ditemukan di lingkungan sekitar serta membentuk karakter dan sikap siswa untuk lebih peka terhadap lingkungannya. Pada umumnya pembelajaran yang terjadi di sekolah-sekolah terjadi di dalam kelas yang mana siswa hanya duduk manis mendengarkan ceramah-ceramah dari guru sehingga kurang memanfaatkan lingkungan sekitar untuk kegiatan belajar mengajar. SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen Banyumas merupakan salah satu sekolah melaksanakan pembelajaran di luar kelas (outdoor study), dimana sekolah ini memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar sekolah untuk kegiatan belajar mengajar khususnya dalam Pembelajaran bahasa Arab. Dengan demikian, perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana pelaksanaan outdoor study dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan outdoor study dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah guru bahasa Arab dan siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), kesimpulan (conclusion drawing). Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan outdoor study ini dilakukan dengan tahapan yakni perencanaan pembelajaran yaitu dengan adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengkondisian lingkungan, kemudian pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan yang berlangsung di luar kelas seperti di halaman sekolah, kebun sekolah dan metode yang biasa digunakan adalah metode bermain, tanya jawab dan drill serta di dalam evaluasi pembelajaran yaitu evaluasi formatif (tes lisan dan tertulis), evaluasi sumatif (tes tertulis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: outdoor study, Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Dec 2016 06:27
Last Modified: 05 Dec 2016 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item