PENERAPAN METODE UMMI PADA PEMBELAJARAN QIRA’ATUL QURAN DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

NOVI ANDARI, 092338056 (2015) PENERAPAN METODE UMMI PADA PEMBELAJARAN QIRA’ATUL QURAN DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
NOVI ANDARI_PENERAPAN METODE UMMI PADA PEMBELAJARAN QIRA’ATUL QURAN DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurangnya kendali mutu pendidik dan peserta didik dalam mempelajari al- Qur’an serta kualifikasi pendidik yang juga kurang sesuai dengan kualifikasi ideal seorang pendidik al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penerapan metode ummi pada pembelajaran Qir’atul Quran di MI Istiqomah Sambas Purbalingga dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I dan II MI Istiqomah Sambas Purbalingga yang berjumlah 415 siswa, dan sampel penelitiannya adalah 80 sisiwa.diantaranya terdiri dari 35 laki-laki dan 45 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan, angket (kuesioner), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas penerapan metode ummi pada pembelajaran Qira’atul Quran di MI Istiqomah Sambas yaitu terdapat 7 peserta didik (8,75%) mempunyai tingkat evektifitas berada pada kategori sangat tinggi, sebanyak 21 peserta didik (26,25%) berada pada kategori tinggi, sebanyak 26 peserta didik (32,5%) berada pada kategori sedang, sebanyak 23 peserta didik (28,75%) berada pada kategori rendah dan sebanyak 3 peserta didik (3,75%) berada pada kategori sangat rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mempunyai tingkat efektivitas Penerapan Metode Ummi Pada Pembelajaran Qira’atul Quran MI Istiqomah Sambas Purbalingga berada pada kategori tinggi dan sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, Penerapan metode Ummi pada Pembelajaran Qira’atul Quran.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Dec 2016 01:10
Last Modified: 05 Dec 2016 01:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item