PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI TASMIRUSSIBYAN SIDAMULYA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015

EDI SUSANTO, 112306162 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI TASMIRUSSIBYAN SIDAMULYA KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
EDI SUSANTO_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN ORGAN PERNAPASAN MANUSIA MELALUI PEMANFAATAN MULTIMEDIA PADA SISWA KLS V SMT I MI TASMIRUSSIBYAN SIDAMULYA KEMRANJEN BMS TH PEL 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Sekripsi ini membahas tentang pelaksanaan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA melalui pemanfaatan multimedia pada siswa kelas V semester I MI Tasmirussibyan Sidamulya Kemranjen Banyumas. Kajianya dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V semester I MI Tasmirusibyan sidamulya dalam mata pelajaran IPA terutama materi organ pernapasan manusia. Berdasarkan hasil observasi pendahuluan, perolehan nilai siswa kelas V untuk materi organ pernapasan manusia sangat rendah dengan diperolehnya nilai ketuntasan klasikal atau daya serap baru 43,9 %. Setelah dilakukan analisis dan refleksi, penulis menduga bahwa rendahnya hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh kurangnya alat peraga/media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Selama ini guru cenderung mengajar menggunakan metode ceramah dan latihan sehingga siswa menjadi pasif dan bosan dalam belajar sehingga tidak konsentrasi dan serius dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan kondisi di atas, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan maksud ingin meningkatkan prestasi/hasil belajar siswa. Dalam hal ini penulis sebagai peneliti menggunakan media/alat peraga multimedia pada siswa kelas V semester I MI Tasmirusibyan sidamulya. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus memakai tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setelah dilakukan penelitian, hasil belajar siswa kelas V semester I MI Tasmirusibyan sidamulya pada materi organ pernapasan manusia mengalami peningkatan yang signifikan. Daya serap atau tuntas klasikal pada pra siklus Siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 43,90% dari jumlah 41 siswa dengan nilai rata-rata kelasnya adalah 66,10. Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 34 siswa atau 82,93% dengan nilai rata-rata kelasnya adalah 74,63. Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 41 siswa atau 100% dari jumlah seluruh siswa dengan nilai rata-rata kelasnya adalah 84,88. Dengan demikian pemanfaatan multimedia merupakan media yang efektif untuk menkongkritkan organ pernapasan manusia sehingga siswa cepat paham dan memotivasi siswa untuk senang pada pelajaran IPA yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Nov 2016 06:42
Last Modified: 25 Nov 2016 06:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item