PENERAPAN METODE STAD(STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI MI MA’ARIF NU 1 KEDUNGWRINGIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

TITI NURKHAYATUS SOLIAH, NIM. 102335096 (2014) PENERAPAN METODE STAD(STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI MI MA’ARIF NU 1 KEDUNGWRINGIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
TITI NURKHAYATUS SOLIAH_PENERAPAN METODE STAD(STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI MI MA’ARIF NU 1 KEDUNGWRINGIN TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (877kB) | Preview

Abstract

Matematika sangat memerankan peran penting dalam kehidupan seharihari, berbagai bentuk simbol, rumus, ketetapan, dan konsep digunakan untuk membantu perhitungan, pengurangan, perkalian dll. Oleh karena itu, Mata pelajaran Matematika merupakan subjek yang sangat penting dalam dunia pendidikan sehingga, Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari jenjang pendidikan SD/MI mulai dari kelas 1 sampai kelas VI. Mengingat pentingnya pembelajaran matematika, guru harus menciptakan pembelajaran yang menarik, agar pembelajaran matematika lebih mengena kepada siswa,salah satunya dengan Menerapkan metode yang mampu memberikan pengetahuan juga pengalaman serta membuat siswa lebih aktif dalam sebuah pembelajara,hal ini menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan guru. Bapak Saefi Najib selaku guru di kelas VI MI Ma’arif NU 1Kedungwringin telah melakukan hal tersebut dengan menerapkan metode STAD(Student Teams Acievement Division) pada pembelajaran matematika untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dalam usaha mencapai tujuan yang diharapkan. Sehingga Fokus dari penelitian ini adalah: bagaimana penerapan metodeSTAD(Student Teams Acievement Division)pada pembelajaran matematika di kelas VI MI Ma’arif Nu 1Kedungwringin tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini merujuk pada metode yang dikemukakan oleh Robet Slavin yang berdasarkan pada strategi Cooperative Learning. Robet Slavin menampilkan beberapa metode pembelajaran Cooperative Learning yang paling cocok digunakan pada materi yang bersifat ilmu pasti, materi yang hanya memiliki satu jawaban benar seperti matematika adalah metode STAD(Student Teams Acievement Division) pembelajaran berdasarkan kelompok. Menurut Johnson dan Johnson pembelajaran Cooperative berarti Working Together to Accomplish Shared Goals (bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan dalam memahami data deskripsi yang disajikan sehingga dapat memberikan pemahaman atas hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode STAD(Student Teams Acievement Division) yang diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas VI MI Ma’arif NU I Kedungwringin sudah sesuai dan mampu mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MetodeSTAD (Student Teams Acievement Division) Pembelajaran Matematika, MI Ma’arif NU 1 Kedungwringin.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:32
Last Modified: 24 Nov 2016 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item