MANAJEMEN PRODUKSI KERIPIK TEMPE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI HOME INDUSTRY KERIPIK TEMPE "KIKI WARNI", DESA PLIKEN, KECAMATAN KEMBARAN, KABUPATEN BANYUMAS)

Atikah, Puji Handayani (2022) MANAJEMEN PRODUKSI KERIPIK TEMPE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI HOME INDUSTRY KERIPIK TEMPE "KIKI WARNI", DESA PLIKEN, KECAMATAN KEMBARAN, KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ATIKAH PUJI HANDAYANI_MANAJEMEN PRODUKSI KERIPIK TEMPE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Home Industry Keripik Tempe “Kiki Warni” merupakan usaha yang bergerak dalam bidang industri pangan yang memproduksi keripik tempe dengan bahan dasar kedelai impor berkualitas. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fluktuasi pendapatan yang diterima oleh pemilik home industry keripik tempe “Kiki Warni”, dikarenakan selera musiman dari konsumen serta harga bahan baku yang begitu melonjak, selain itu banyaknya produsen keripik tempe, maka semakin tinggi pula tingkat persaingan. Hal tersebut tentunya akan berakibat pada pendapatan yang diperoleh oleh pemilik. Maka bagaimana cara home industry keripik tempe “Kiki Warni” mengatur manajemen yang ada didalam usaha tersebut dan mampu bertahan di tengah persaingan usaha yang kian kompetitif. Penelitian yang digunakan bersifat field research (penelitian lapangan) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan atau lokasi penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasih. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa, home industry keripik tempe “Kiki Warni” dalam meningkatkan pendapatan perspektif ekonomi Islam sudah menjalankan proses manajemen produksinya sesuai dengan prinsip manajemen Islam. Kegiatan produksi yang dijalankan tidak mengandung unsur-unsur yang bertentangan dengan Islam. Kualitas produk yang dihasilkan mampu memberikan kepuasan dan kepercayaan terhadap pelanggan atau konsumen, sehingga dalam hal peningkatan pendapatan, home industry keripik tempe “kiki warni” dapat meningkatkan pendapatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Produksi, Produk, Peningkatan Pendapatan Usaha, Ekonomi Islam.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.143 Zakat Pendapatan (Profesi, Pertanian, Perikanan, Rikaz dll)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Atikah Puji Handayani
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:23
Last Modified: 14 Oct 2022 01:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16636

Actions (login required)

View Item View Item