PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs PLUS AL HIDAYAH KROYA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SULASTRI, NIM. 082331149 (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs PLUS AL HIDAYAH KROYA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SULASTRI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs PLUS AL HIDAYAH KROYA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran aktif adalah hal yang penting yang perlu diperhatikan, disiapkan dan dilaksanakan oleh guru ketika proses pembelajaran Fiqih dilaksanakan. Apabila strategi ini digunakan dengan tepat, maka hasil yang dicapai akan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Fiqih di MTs Plus Al Hidayah Kroya Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif, lokasi penelitian ini dilakukan di Mts Plus Al Hidayah Kroya Cilacap. Subjek penelitian adalah Guru Fiqih kelas VIII, yaitu Syaroh Nurfajariyani, S.Fil.I, dan siswa kelas VIII A, sedangkan objek penelitian adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Fiqih. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah: 1. Strategi pembelajaran aktif yang digunakan dalam pembelajaran Fiqih adalah strategi pembelajaran Index Card Mach, Jigsaw Learning, Card Sort, True or False dan Everyone Is A Teacher Here. 2. Pada praktiknya penggunaan strategi pembelajaran aktif tidak digunakan sedirisendiri melainkan dipadukan dengan metode pembelajaran seperti metode ceramah, diskusi, resitasi dan tanya jawab 3. Adapun beberapa hal yang didapat dari penerapan strategi pembelajaran aktif untuk siswa yaitu adanya motivasi dan antusias yang tinggi, serta siswa mampu memahami materi yang telah dipelajari dengan baik dan dengan perasaan yang gembira.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 21 Nov 2016 03:09
Last Modified: 21 Nov 2016 03:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item