NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA

Elis Safitri, 1123301130 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ELTI SUCIANI_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK YANURIS TONJONG BREBES TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rusaknya moral bangsa ini semakin menurun ketika korupsi, asusila, kejahatan, dan tindak kriminal pada semua sektor pembangunan semakin merajalela. Kemungkinan besar masalah itu adalah masih kurang efektifnya pendidikan akhlak atau pendidikan karakter. Novel yang sangat sarat dengan nilai-nilai kehidupan dapat menjadi sarana efektif dalam pendidikan karakter. Novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia merupakan salah satu novel yang sarat nilai-nilai pendidikan di dalamnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Nilai-nilai Pendidikan Karakter apa saja yang terdapat dalam Novel Rumah Tanpa Jendela dan bagaimana relevansinya dengan materi PAI kelas VII. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian pustaka yang bersifat deskriptif analisis, yaitu dengan menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Adapun metode pengambilan data yang penulis lakukan adalah metode dokumentasi dan menggunakan analisis isi (content analysis) sebagai metode dalam menganalisa datanya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ditemukan kesimpulan mengenai nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Novel Rumah Tanpa Jendela yang diketahui, diamalkan, dan ditanamkan dalam diri peserta didik sejak dini, yaitu 1) nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan (religius), yang meliputi beriman kepada Allah SWT., bertaqwa kepada Allah SWT., berdzikir kepada Allah SWT., berdo’a kepada Allah SWT., bertawakal kepada Allah SWT., husnudzan kepada Allah SWT., bersyukur kepada Allah SWT.. 2) nilai karakter hubungannya dengan diri sendiri, yang meliputi kejujuran, bertanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, berpikir logis, kreatif, dan inovatif, mandiri, ingin tahu, dan cinta ilmu. 3) Nilai karakter hubungannya dengan sesama, yang meliputi sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, patun pada aturan-aturan sosial, menghargai karya dan prestasi orang lain, santun, dan demokratis. 4) Nilai karakter hubungannya dengan lingkungan, dan 5) Nilai kebangsaan, yang meliputi nasionalis dan menghargai keberagaman. Serta terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Rumah Tanpa Jendela dengan materi PAI kelas VII, hal ini dapat mengembangkan kreativitas guru dalam mengajar sehingga proses pembelajaran lebih inovatif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, Pendidikan Karakter, dan Rumah Tanpa Jendela, Asma Nadia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Nov 2016 06:56
Last Modified: 18 Nov 2016 06:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1618

Actions (login required)

View Item View Item