IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MTK DI MI MA’ARIF NU 03 KARANG SEMBUNG KEC.NUSAWUNGU KAB.CLP TAHUN PELAJARAN 2015-2016

NIDA NUR HIDAYAH, 1123305090 (2015) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MTK DI MI MA’ARIF NU 03 KARANG SEMBUNG KEC.NUSAWUNGU KAB.CLP TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
NIDA NUR HIDAYAH_IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MTK DI MI MA’ARIF NU 03 KARANG SEMBUNG KEC.NUSAWUNGU KAB.CLP TAHUN PELAJARAN 2015-2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cooperative Learning adalah suatu strategi belajar mengajar yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih. Model ini berbasis pada teori belajar kognitif dan teori belajar sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi model Cooperative learning pada Pembelajaran matematika di kelas III MI Ma’arif NU 03 Karang sembung Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap Tahun pelajaran 2015/2016”.Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mendeskripsikan implementasi model Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif NU 03 Karang Sembung Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu guru mata pelajaran matematika kelas III dan sumber data sekunder yaitu kepala sekolah dan siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh oleh penulis yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan Implementasi model cooperative learning pada pembelajaran matematika di MI Ma’arif NU 03 karang Sembung di terapkan di kelas III. Menurut penulis penerapannya sudah sesuai dengan prinsip dasar langkah model coooperative learning yaitu adanya penjelasan materi, belajar dalam kelompok, penilaian serta pengakuan tim. Adapun teknik cooperative learning yang di gunakan di antaranya yaitu bertukar pasangan, berkirim salam dan soal, kepala bernomor (numbered head)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Pembelajaran Matematika.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Nov 2016 04:34
Last Modified: 18 Nov 2016 04:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item