METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP YA BAKII 2 KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Khotimah, 082332023 (2013) METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP YA BAKII 2 KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Khotimah_METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

SMP YA BAKII 2 Kesugihan yang berada di Desa Kuripan Kidul Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap adalah SMP umum yang pembelajarannya setara dengan MTs. SMP ini mendidik para siswanya dalam belajar bahasa Arab agar mampu baca tulis al-Qur’an dan mampu menguasai kemahiran berbahasa yang meliputi kemahiran menyimak, kemahiran berbicara dan kemahiran menulis. SMP YA BAKII 2 ini dalam proses pembelajaran bahasa Arab di SMP YA BAKII 2 Kesugihan, berbeda dengan SMP lain se-kecamatan Kesugihan. SMP ini merupakan salah satu SMP yang pembelajarannya setara dengan MTs, selain ilmu umum yang dipelajari, ilmu agama juga lebih ditekankan salah satunya adalah bahasa Arab. Sebagian besar siswa di SMP tersebut adalah lulusan dari SD dan sebagian kecil dari mereka berasal dari MI. Oleh karena itu, hal ini menjadi menarik dan unik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian yang dilakukan peneliti ini yaitu untuk mengetahui tentang metode pembelajaran bahasa Arab dan mengetahui penerapan metode pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan guru menjadi fokus penelitian ini. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab, siswa dan kepala Sekolah. Sedangkan objek penelitiannya adalah metode pembelajaran bahasa Arab yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan terhadap metode Pembelajaran Bahasa Arab yang diterapkan di kelas VII SMP YA BAKII 2 Kesugihan dapat penulis simpulkan bahwa metode yang diterapkan guru bahasa Arab di kelas VII SMP YA BAKII 2 Kesugihan, yaitu: metode bercakap-cakap, metode ceramah, metode membaca, metode imla’, metode diskusi, metode menghafal, metode tanya jawab, metode terjemah, metode gramatika terjemah, metode resitasi. Metode-metode tersebut digunakan sesuai keadaan dan kemampuan siswa. Kata kunci : Metode, Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 18 Nov 2016 08:49
Last Modified: 18 Nov 2016 08:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item