IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI TARBIYATUL AULAD SIBALUNG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

MELIYANA SULISTIYOWATI, NIM. 1123305098 (2015) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI TARBIYATUL AULAD SIBALUNG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MELIYANA SULISTIYOWATI_IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI TARBIYATUL AULAD SIBALUNG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi strategi pembelajaran Team Quiz adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz (Kuis Kelompok) yang dilakukan oleh guru untuk mempermudah proses pembelajaran, agar memberikan dampak, baik pengetahuan, keterampilan maupun nilai dan sikap peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam strategi Team Quiz, peserta didik diajak untuk aktif dalam pembelajaran dengan pembentukan kelompok yang nantinya peserta didik dapat berdiskusi untuk membahas materi yang diberikan guru. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana implementasi strategi pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Tarbiyatul Aulad Sibalung Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas?”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis akan mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran Team Quiz. Lokasi yang diteliti adalah MI Tarbiyatul Aulad Sibalung. Dengan subjek penelitian meliputi guru dan peserta didik kelas V. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian tentang implementasi strategi pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Tarbiyatul Aulad Sibalung. Diperoleh hasil bahwa guru Bahasa Indonesia kelas V MI Tarbiyatul Aulad Sibalung dalam menerapkan strategi Team Quiz sudah menerapkan langkahlangkah pembelajaranya dengan baik dan sesuai dengan teori yang ada. Dibuktikan dengan peserta didik aktif berdiskusi, membuat pertanyaan, juga hasil evaluasi dan nilai yang memuaskan dengan rata-rata 89, 95 dan 98 selama tiga kali penelitian. Guru perlu kreatif dalam merancang strategi pembelajaran yang akan diterapkan sehingga tidak terjadi kebosanan dalam diri peserta didik sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan mudah diingat. Guru hanya menonjolkan satu ketrampilan saja yaitu mendengarkan sedangkan ketrampilan yang lain belum dimaksimalkan oleh guru. Sebenarnya 4 ketrampilan tersebut bisa dimaksimalkan dengan strategi Team Quiz dimana anak melakukan banyak kegiatan yang menunjang ketrampilan yang harus dikuasai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Pembelajaran Team Quiz, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 17 Nov 2016 03:31
Last Modified: 17 Nov 2016 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item View Item