PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 WANGON KABUPATEN BANYUMAS

NADIA, NUR FAJRI IZZATI (2022) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NADIA NUR FAJRI IZZATI_PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 WANGON KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik di bidang pendidikan maupun sosial. Dalam bidang pendidikan, mata pelajaran matematika ini merupakan pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Akan tetapi mayoritas siswa merasa kesulitan dalam mempelajari matematika. Adapun persepsi positif dan negatif termasuk dalam kemampuan matematis yang dinamakan disposisi matematis. Disposisi matematis merupakan keinginan atau kecenderungan untuk berfikir matematis. Kecenderungan ini yang akan mempengaruhi aspek afektif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap disposisi matematis siswa kelas VIII di SMP N 1 Wangon Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bersifat kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Wangon Kabupaten Banyumas yang berjumlah 268 siswa. Sampel penelitian berjumlah 161 siswa dari kelas VIII SMP N 1 Wangon Kabupaten Banyumas dengan menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan rumus Slovin dari 8 kelas yang ada. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket berbentuk skala Guttman. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Setelah melakukan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pemberian reward terhadap disposisi matematis siswa kelas VIII SMP N 1 Wangon Kabupaten Banyumas. Besarnya pengaruh variabel pemberian reward terhadap variabel disposisi matematis siswa kelas VIII SMP N 1 Wangon Kabupaten Banyumas adalah sebesar 9% sedangkan sisanya yaitu 91% disposisi matematis siswa dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reward, Disposisi Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nadia Nur Fajri Izzati sdri
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:35
Last Modified: 26 Sep 2022 06:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15833

Actions (login required)

View Item View Item