PENERAPAN MEDIA VISUAL GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs MAMBAUL MA'ARIF BELIKPEMALANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Nikmatusholekha, Nikmatusholekha (2022) PENERAPAN MEDIA VISUAL GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs MAMBAUL MA'ARIF BELIKPEMALANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_BAB_I-V[1].pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab_l__Bab_V__Daftar_Pustaka-1[1].pdf

Download (976kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa khususnya bahasa Arab banyak sekali media yang dapat diguanakan agar materi tersampaikan dengan baik. salah satunya adalah menggunakan media Visual Gambar. Di MTs Mambaul Ma’arif Belik, siswa mayoritas menganggap bahasa Arab adalah pelajaran yang cukup sulit dan membosankan. Hal itu dikarenakan karena keadaan dan latar belakang siswa. Oleh karena itu, guru menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media visual gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan media visual gambar dalam pembelajaran Mahārah Kalām bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Mambaul Maarif Belik Tahun Ajaran 2021/2022. Dan untuk faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseacrh) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitiannya skripsi ini adalah Penerapan Media Visual Gambar Dalam Pembelajaran Mahārah Kalām Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Mambaul Ma’arif Belik Tahun Ajaran 2021/2022. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Bahasa Arab Kelas VIII dan Siswa Kelas VIII. Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi penulis menggunakan analisis data, teknik Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran Mahārah Kalām bahasa Arab menggunakan Media Visual Gambar di Kelas VIII MTs Mambaul Maarif Belik diawali dari persiapan, seperti menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) dan menyiapkan materi pembelajaran yang akan disampaikan. pada langkah pelaksanaan guru menjelaskan materi dan memberikan tugas kepada siswa untuk membuat media pembelajaran. Langkah-langkah membuat media pembelajaran yaitu guru menyiapkan sarana dan prasarana yang akan dibutuhkan untuk membuat media pembelajaran. Faktor pendukung dalam penerapan media visual gambar dalam pembelajaran Mahārah Kalām penguasaan kosakata pada siswayang sudah cukup bagus, faktor pengahambatnya adalah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat media pembelajaran. Kata Kunci : Penerapan, Media Visual Gambar, Pembelajaran Mahārah Kalām

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan,Media Visual Gambar, Pembelajaran Maharah Kalam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nikmatusholekha Nikmatusholekha
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:50
Last Modified: 29 Aug 2022 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15626

Actions (login required)

View Item View Item