PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA (APLIKASI PARADIGMA ROBBANIYAH) TAHUN PELAJARAN 2014-2015

NUR LAELA QODRIAH, 102338026 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA (APLIKASI PARADIGMA ROBBANIYAH) TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ARIF BUDIONO_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL IPA KOMPETENSI DASAR KEPEDULIAN TERHADAP HEWAN PELIHARAAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SENON KEMANGKON PURBALINGGA TH PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (989kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebuah upaya untuk membentuk kepribadian seseorang melalui budi pekerti. Untuk membentuk karakter peserta didik akan lebih mudah ketika anak-anak masih di bangku sekolah dasar. Sekolah dasar merupakan salah satu wadah pendidikan yang dianggap sebagai salah satu pelaksana pendidikan karakter yang berpotensi. Aplikasi Paradigma Robbaniyah merupakan salah satu cara dalam menerapkan pendidikan karakter yang menekankan pada keteladanan, penciptaan lingkungan dan pembiasaan yang menggunakan nilai-nilai robbaniyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Alam Harapan Ummat Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan Aplikasi Paradigma Robbaniyah bagi siswa, serta menemukan beberapa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru maupun siswa dalam pelaksanaan pendidikan karakter tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian beberapa informan, baik dari guru, karyawan, orang tua siswa di SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dengan teknik, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pendidikan karakter yang dilakukan oleh SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga melalui tiga tahapan, yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan guru melakukan berbagai sosialisasi terkait visi dan misi sekolah terhadap semua guru dan karyawan, observasi terhadap calon siswa dan wali siswa, merencanakan program pembelajaran dan sosialisasi terhadap wali siswa. Pada tahap pelaksanaan, pendidikan karakter diintegrasikan dalam proses pembelajaran, dan aktivitas sehari-hari, serta keteladanan yang dicontohkan oleh para guru dan karyawan, dan aplikasi terhadap nilai-nilai seperti kejujuran, kasih sayang, bersyukur, disiplin, tanggung jawab, peduli dan percaya diri. Pada tahap evaluasi dilakukan dengan evaluasi terhadap siswa, guru, dan pelaksanaan program kesiswaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Sekolah, Aplikasi Paradigma Robbaniyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Nov 2016 04:26
Last Modified: 15 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1542

Actions (login required)

View Item View Item