UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MA’ARIF NU DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

TITI MUNAWAROH, 102333012 (2016) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MA’ARIF NU DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
Titi Munawaroh_UPAYA KEPALA MADRASAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kepala madrasah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong suatu madrasah untuk mengwujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran madrasahnya melalui program-program yang dilaksanakan secara bersama-sama. Keberhasilan pendidikan di madrasah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala madrasah dalam mengelola tenaga pendidik yang tersedia di madrasah. Kualitas kinerja guru akan sangat menentukan pada kualitas hasil pendidikan, karena guru merupakan salah satu komponen dan yang paling banyak bersentuhan langsung dengan siswa dalam proses pendidikan atau pembelajaran di lembaga pendidikan madrasah. Dimana diketahui bahwa guru dalam melaksanakan tugasnya ada yang memiliki kinerja tinggi, namun ada juga yang belum memiliki kinerja yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepala madrasah dalam meningkatkan komitmen guru dan hambatan yang dialami kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru madrasah di MI Ma’arif NU Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa Kepala Madrasah melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan komitmen kerja melalui pemberdayaan guru sesuai bidangnya masing-masing, melakukan evaluasi supervisi kelas, kepala madrasah dalam meningkatkan semangat kerja melalui pembinaan propesional kerja, mengevaluasi program mengajar guru, kesepakatan dalam hal kedisiplinan waktu serta kerja sama intern dengan kepala madrasah dan guru, dan pengawasan. Kata Kunci : Kepala Madrasah , Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Nov 2016 01:35
Last Modified: 14 Nov 2016 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item View Item