IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS MA'ARIF NU 11 PURBASARI

Gita, Anwar (2022) IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS MA'ARIF NU 11 PURBASARI. Skripsi thesis, UIN Saizu Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka (1).pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
GITA ANISA ANWAR_IMPLEMENTASII LENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB I MTS MA'ARUF NU11PURBASARI.pdf

Download (970kB) | Preview

Abstract

Kondisi pandemi saat ini mewajibkan kita untuk melakukan kegiatan di rumah saja, termasuk kegiatan belajar siswa di sekolah MTs. Seiring berjalanya waktu, pandemi ini mulai surut sehingga siswa diperbolehkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka menggunakan protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran blended learning dalam mata pelajaran bahasa arab kelas VII A di MTs Ma’arif NU 11 Purbasari. Penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian di analisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pembelajaran yang diterapkan guru bahasa arab kelas VII A menggunakan model blended learning, dimana dalam pelaksanaanya menggunakan pembelajaran daring dan tatap muka. Pembelajaran ini dilakukan dengan menyusun perencanaan silabus, dan RPP. Sedangkan pelaksanaanya pada pembelajaran daring menggunakan group whatsapp,dan youtube dan Buku LKS Bahasa Arab sebagai media pembelajaran tatap muka. Pelaksanaan pembelajaran baik daring maupun tatap muka meliputi kegiatan awal. Inti, dan penutup. Evaluasi yang dilakukan guru berupa penilaian tertulis dan penilaian praktik. Keberhasilan blended learning didukung oleh beberapa faktor yaitu berasal dari pemerintah, guru, dan orang tua. Meskipun terdapat hambatan dalam pembelajaran blended learning berupa susahnya koneksi atau jaringan, perangkat HP tidak memadai, kurangnya motivasi belajar siswa, penggunaan HP secara bersamaan dengan teman, kerjasama guru dengan orang tua, pemberian rewerd kepada siswa, dan pelatihan kegiatan pembelajaran blended learning secara mandiri. Kata Kunci: Blended Learning, Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kata Kunci: Blended Learning, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Gita Anisa Anwar
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:43
Last Modified: 04 Aug 2022 03:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15299

Actions (login required)

View Item View Item