Pengaruh manajemen waktu belajar terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswi di ppq al-amin pabuwaran banyumas

Penita, Rakhmawati (2022) Pengaruh manajemen waktu belajar terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswi di ppq al-amin pabuwaran banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Penita Rakhmawati_Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswi Di PPQ Al-Amin Pabuaran Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses meningkatkan kualitas manusia dapat dilakukan dengan pendidikan baik pendidikan sekolah dasar, pendidikan menengah maupun di perguruan tinggi. Mahasiswa merupakan peserta didik yang belajar di perguruan tinggi. Tugas seorang mahasiswa adalah melakukan studi dengan bersungguh-sungguh pada setiap kesempatan yang ada. Selain tugas studi, mahasiswa memiliki tugas lain seperti tugas non akademik yang harus diselesaikan. Maka dalam hal ini mahasiswa harus memiliki manajemen waktu yang baik. Tidak jarang dari mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengatur waktu karena banyaknya kegiatan yang dilakukan, maka dari itu dalam bidang akademik manajemen waktu sangatlah penting untuk kesuksesan mahasiswa menjadi sarjana di bidangnya selain itu juga akan mendapatkan hasil prestasi yang memuaskan dan membuat kelulusan tidak terhambat atau melebihi 8 semester. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh manajemen waktu belajar terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswi di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran. Penelitian ini menggunakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 207 santri dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 136 santri. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan survei dengan memberikan angket kepada 136 santri dari total 207 santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuwaran Banyumas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat pengaruh yang signifikan. Manajemen waktu berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi kumulatif. Besar pengaruh manajemen waktu terhadap indeks prestasi kumulatif sebesar 69,8% sedangkan sisanya 30,2 % yang dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi ini. Model regresi sederhananya yaitu Y=0,001+0,837X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu, Indeks Prestasi Kumulatif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Penita Rakhmawati sdri
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:50
Last Modified: 01 Aug 2022 07:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15169

Actions (login required)

View Item View Item