PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT INSAN MANDIRI PUNGGELAN

Maryam, Istiqomah (2022) PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT INSAN MANDIRI PUNGGELAN. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Maryam Istiqomah_Penerapan Edutainment Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di SDIT Insan Mandiri Punggelan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan oleh sebagian peserta didik. Untuk mengubah suasana belajar agar tidak membosankan diperlukan sebuah pendekatan pembelajaran yang dapat membuat peserta didik merasakan suatu kenyamanan dalam belajar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat menciptakan pembelajaran nyaman dan menyenangkan adalah pendekatan Edutainment. Konsep dasar dari pendekatan Edutainment adalah berupaya agar pembelajaran yang terjadi berlangsung dalam suasana yang kondusif dan menyenangkan. Berkenaan dalam upaya menciptakan kondisi ini, maka SDIT Insan Mandiri Punggelan mencoba menerapkan konsep Edutainment dengan memadukan antara dua aktivitas yakni pendidikan dan hiburan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan Edutainment dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Insan Mandiri Punggelan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian meliputi guru bahasa Arab SDIT Insan Mandiri Punggelan, siswa, dan kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian tentang penerapan Edutainment dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Insan Mandiri Punggelan menunjukkan bahwa dalam menerapkan pendekatan Edutainment dibutuhkan sebuah perencanaan yang matang dimulai dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mempertimbangkan antara kompetensi dasar dan pendekatan yang akan digunakan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penerapan Edutainment diterapkan dengan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis Edutainment yaitu memberi kemudahan dan suasana gembira diantaranya dengan menerapkan teknik bernyanyi dan permainan. Penerapan teknik bernyanyi dimulai dengan guru mengubah isi lagu yang lirik lagunya diganti dengan materi pelajaran. Sedangkan penerapan teknik bermain diantaranya yaitu dengan guru memberikan permainan disela-sela pembelajaran seperti tebak kata, pulpen teka-teki, dan bisik berantai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edutainment, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maryam Istiqomah
Date Deposited: 28 Jul 2022 23:59
Last Modified: 28 Jul 2022 23:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15064

Actions (login required)

View Item View Item