SA’ADATUN MUNIROH, 1123305112 (2015) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MI MA’ARIF NU 04 BANJAREJA NUSAWUNGU CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
||
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (853kB) | Preview |
|
Text
Sa'adatun M._PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV, V, dan VI MI Ma‟arif NU 04 Banjareja. Kajian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya gaya belajar siswa di madrasah tersebut sehingga ada dugaan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gaya belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV, V, dan VI MI Ma‟arif NU 04 Banjareja, 2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV, V, dan VI MI Ma‟arif NU 04 Banjareja, dan 3) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA siswa kelas IV, V, dan VI MI Ma‟arif NU 04 Banjareja Nusawungu Cilacap. Pengumpulan data diperoleh melalui angket untuk mengetahui gaya belajar siswa dan dokumentasi berupa rekapan nilai ulangan akhir semester genap untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik regresi linier sederhana dengan variabel dependen prestasi belajar dan variabel independen gaya belajar. Adapun tempat penelitiannya di MI Ma‟arif NU 04 Banjareja Nusawungu Cilacap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas IV, V, dan VI MI Ma‟arif NU 04 Banjareja Nusawungu Cilacap yang cenderung bergaya belajar visual ada 25 siswa, cenderung bergaya auditorial ada 9 siswa dan yang cenderung bergaya kinesteik ada 20 siswa. Dengan prestasi belajar rata-rata 74 atau dalam kategori baik yakni pada interval 73-80. Dari Hasil analisa statistik regresi linier sederhana tentang pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA didapatkan Persamaan regresinya Y = 33,64 + 0,46X, ditunjukkan dengan uji keberartian maka didapat F hitung > F tabel atau 80 > 4,03 > 7,15 artinya regresi berarti dan tingkat signifikansinya 0,000<0,05<0,01 artinya regresi linier. Hasil dari pengujian F di atas dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi linier sederhana (Y = 33,64 + 0,46X) dapat digunakan untuk prediksi atau peramalan. Artinya ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA MI Ma‟arif NU 04 Banjareja Nusawungu Cilacap. Dan koefisien determinasi atau R-square sebesar 0,610. Ini berarti bahwa 61 % prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh gaya belajar. Kata kunci: gaya belajar, prestasi belajar, mata pelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 08:08 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 08:08 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1498 |
Actions (login required)
View Item |