STRATEGI PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI MTs MA’ARIF NU 1 KARANGLEWAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SAMSUL DUKHA, 102332029 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI MTs MA’ARIF NU 1 KARANGLEWAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
Sammsul Dukha_STRATEGI PEMBELA JARAN MUHADATSAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa masih banyak siswa yang dalam penguasaan kosakata, atau perbendaharaan katanya masih terbatas. Selain itu juga, kurangnya kepercayaan diri para siswa dalam mempraktekan bahasa arab, seperti dalam berbicara dengan menggunakan bahasa Arab menjadi kendala kelancaran pembelajaran muhadatsah. Selain itu juga siswa di MTs Ma‟arif NU 1 Karanglewas ini pembelajarannya dilaksanakan dikelas yang heterogen, artinya terdiri dari siswa yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Sehingga tidak mudah bagi seorang guru dalam menyampaikan pelajaran tanpa adanya strategi yang bervariasi. Oleh sebab itu guru menginginkan adanya penerapan strategi yang berbeda-beda dalam pembelajarannya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana strategi pembelajaran muhadatsah di MTs Ma‟arif NU 1 Karanglewas Tahun Pelajaran 2014/2015? Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode Observasi digunakan untukmemperoleh data tentang proses penerapan strategi pembelajaran muhadatsah di MTs Ma‟arif NU 1 Karanglewas. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung tentang situasi yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti yaitu penerapan strategi pembelajaran muhadatsah. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umum MTs Ma‟arif NU 1 Karanglewas dan foto-foto penerapan strategi pembelajaran Muhadatsah. Untuk menganalisis data, penulis melakukan penelaahan seluruh data,penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru sudah menerapkan strategi pembelajaran muhadatsah dengan variatif. Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran dapat mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka. Strategi yang digunakan antara lain: Hapalan Dialog (al-hif‟zh „ala al-hiwar) yaitu latihan meniru dan menghafalkan dialog mengenai berbagai macam situasi. Dialog melalui gambar (al-hiwar bil-shuwar)yaitu strategi yang digunakan guru melalui gambar yang diungkapkan secara lisan. Dialog Terpimpin ( al-hiwar al-muwajjah) , yaitu melengkapi pembicaraan sesuai dengan situasi tertentu yang dilatihkan. Bermain peran (al-tamtsil)yaitu peran yang diberikan oleh guru yang harus dilaksanakan oleh siswa. Kata kunci : Strategi, Muhadatsah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 03 Nov 2016 00:47
Last Modified: 03 Nov 2016 00:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1441

Actions (login required)

View Item View Item