PEMAHAMAN INVESTASI DAN FLUKTUASI HARGA EMAS TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI EMAS EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH ( STUDI PADA FEBI UIN SAIZU dan FEB UMP)

Herdiani, Fera (2022) PEMAHAMAN INVESTASI DAN FLUKTUASI HARGA EMAS TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI EMAS EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH ( STUDI PADA FEBI UIN SAIZU dan FEB UMP). Skripsi thesis, UIN Prof.KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Fera Herdiani_1817202016.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Investasi merupakan salah satu cara manusia untuk menyiapkan diri guna menghadapi hari esok. Adapun investasi yang paling mudah dilakukan oleh kalangan milenial seperti mahasiswa adalah dengan memilih investasi emas (Tabungan Emas). Dalam investasi tabungan emas tidak membutuhkan modal yang relative besar. Hal ini terlihat dalam produk tabungan emas yang ditawarkan oleh lembaga Pegadaian Syari’ah dimana kita dapat memulai investasi dengan nominal Rp. 10.000-,.Berdasarkan pengamatan sementara peneliti, belum banyak mahasiswa yang berminat melakukan investasi emas, khususnya di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Islam di Universitas Purwokerto. Kurangnya minat mahasiswa akan investasi emas dapat disebabkan oleh faktor pemahaman mahasiswa dan naik turunya harga emas yang berpengaruh terhadap return yang akan diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman investasi dan fluktuasi harga emas terhadap minat mahasiswa berinvestasi menggunakan produk tabungan emas pada Pegadaian Syariah, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dari hasil Uji Validitas dan Reliabilitas, analisis data dilakukan dengan melakukan Uji Asumsi klasik terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, dan terakhir Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji F dan Uji T. Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, variabel pemahaman investasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa(Y) hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan Uji T, kemudian yang kedua, variabel fluktuasi harga emas (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa(Y) hal ini dibuktikan dengan perhitungan Uji T, dan yang ketiga variabel pemahaman investasi (X1) dan fluktuasi harga emas (X2) secara simultan berpengaruh terhadap minat berinvestasi mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan hasil Uji F. Kata kunci : Pemahaman, Investasi, Fluktuasi Harga, Minat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: FERA HERDIANI sdr
Date Deposited: 24 Jun 2022 00:56
Last Modified: 24 Jun 2022 00:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item View Item