KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH DI MTS NURUL ISLAM RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG

Helmi, Alamsyah (2022) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH DI MTS NURUL ISLAM RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN PROF K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Helmi Alamsyah_Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Madrasah di MTs Nurul Islam Randudongkal Kabupaten Pemalang.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyak masalah mutu yang dihadapi dalam dunia pendidikan, seperti mutu lulusan, mutu pengajaran, bimbingan dan latihan dari guru. Mutu-mutu tersebut terkait dengan mutu manajerial para pemimpin pendidikan. Keterbatasan dana, sarana dan prasarana, fasilitas pendidikan, media sumber belajar, alat dan bahan latihan, iklim madrasah, lingkungan pendidikan, serta dukungan dari pihakpihak yang terkait dengan pendidikan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan sikap dan perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu madrasah di MTs Nurul Islam Randudongkal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, guru, dan peserta didik. Kemudian analisis data menggunakan model dari Milles Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu madrasah di MTs Nurul Islam Randudongkal terdiri dari empat tahap. Tahap perencanaan, kepala madrasah menyusun program kerja, menyusun rencana pelaksanaan supervisi, dan menyusun kegiatan peningkatan kualitas guru. Tahap pelaksanaan, kepala madrasah melakukan kegiatan empat fase, yaitu penjaringan peserta didik, pembuatan dokumen, peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan SDM. Tahap pengawasan, kepala madrasah melakukan pengawasan terhadap kegiatan akademik yang berupa proses belajar mengajar, pengawasan terhadap situasi yang ada dilingkungan madrasah. Tahap penilaian, kepala madrasah melaksanakan dua fase, yaitu penilaian penilaian pelaksanaan program dan penilaian kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. Pada fase penilaian pelaksaan program kepala madrasah mengidentifikasi dari pengelolaan madrasah, kemampuan guru dalam pembelajaran, meningkatnya kemampuan untuk mengevaluasi program yang telah dilakukan. Pada fase penilaian kualitas pendidik dan tenaga kependidikan kepala madrasah dapat mengetahui dari meningkatnya kompetensi dalam menjalankan proses belajar mengajar dan meningkatnya pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di MTs Nurul Islam Randudongkal. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Peningkatan Mutu Madrasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Peningkatan Mutu Madrasah
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Helmi Alamsyah
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:31
Last Modified: 21 Jun 2022 04:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14049

Actions (login required)

View Item View Item