STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ARAB DI MTS NU 01 KRAMAT KABUPATEN TEGAL

Wiwit, Fatimatuzzahro (2022) STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ARAB DI MTS NU 01 KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WIWIT FATIMATUZZAHRO_STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ARAB DI MTS NU 01 KRAMAT KABUPATEN TEGAL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di MTs NU 01 Kramat Kabupaten Tegal siswa masih banyak yang belum lancar membaca teks Arab bahkan ada yang baru bisa membaca huruf hijaiyyah. Anggapan siswa bahwa bahasa Arab sulit juga mengakibatkan rendahnya minat siswa untuk mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Oleh sebab itu, seorang guru harus mengetahui karakteristik siswa sebelum menerapkan strategi pembelajaran yang akan digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan membaca Arab di MTs NU 01 Kramat Kabupaten Tegal. Metode penelitian ini ialah kualitatif, serta yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Arab dan siswa di MTs NU 01 Kramat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi guru bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan membaca Arab adalah menggunakan strategi Qirã’ah Jahriyah (Reading aloud), Al-Ṣawãb wa Al-khața’ (True or False) dan Al-mu’alim Al-Ĥãdżi (tutor sebaya), guru juga melakukan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) guna meningkatkan keterampilan membaca Arab. Hambatan guru dalam melaksanakan strategi adalah masih banyaknya siswa yang belum lancar membaca Arab, kurang memadainya sarana prasarana yang dipergunakan, anggapan siswa tentang bahasa Arab dan minat siswa yang rendah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pada siswa kelas VIII menunjukan peningkatan dalam keterampilan membaca Arab seperti siswa mampu membaca Arab bersambung, dan lebih lancar walaupun belum semuanya lancar. Kata Kunci : Bahasa Arab, Strategi Guru, Keterampilan Membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Strategi Guru, Keterampilan Membaca
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wiwit fatimatuzzahro sdri
Date Deposited: 12 May 2022 06:43
Last Modified: 12 May 2022 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13558

Actions (login required)

View Item View Item