PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V MI AL-HIDAYAH PURWASABA MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Akhsin Fauzi, 102336067 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V MI AL-HIDAYAH PURWASABA MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
AKHSIN FAUZI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)

Abstract

Pada observasi awal, pembelajaranberlangsung monoton. Pembelajaran hanya berpusat pada guru. Siswa terlihat bosan dan bermain sendiri. Akibatnya hasil belajar volume bangun ruang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang terdiri dari beberapa siklus tindakan dalam pembelajaran, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang terkumpul secara analisis kualitatif dengan cara menganalisis data yang terkumpul deskriptif dan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis jumlah peserta didik yang mengalami perubahan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada proses pembelajaran matematika pokok bahasan volume bangun ruang mengalami peningkatan yaitu dari pra-siklus 27,77%, siklus I 44,44%, dan siklus II 83,33%. Kata kunci: Tanggungjawabdan Kebersamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 13 Oct 2016 01:53
Last Modified: 13 Oct 2016 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item View Item