STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 01 PENGADEGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA

SIGIT PUJIYATNO, NIM. 102338141 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 01 PENGADEGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SIGIT PUJIYATNO_STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 01 PENGADEGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MI Ma’arif NU 01 Pengadegan dijadikan objek penelitian oleh penulis dikarenakan latar belakang prestasi dari madrasah ini. Prestasinya pada tiga tahun terakhir yang selalu menduduki posisi tiga besar untuk nilai ujiannya di tingkat kecamatan. Hal tersebut diperoleh karena strategi pembelajarannya bervariasi, salah satunya adalah mata pelajaraan Fiqih. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih yang digunakan oleh guru mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga? Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fiqih kelas V MI Ma’arif NU 01 Pengadegan sebagai sumber informasi untuk memperoleh data tentang strategi yang digunakan dalam mata pelajaran Fiqih, siswa kelas V di MI Ma’arif NU 01 Pengadegan, dan Kepala MI Ma’arif NU 01 Pengadegan sebagai sumber informasi tentang kebijakan kurikulum dan gambaran umum di MI Ma’arif NU 01 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Adapun metode pengumpulan data antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menganalisis data yang bersifat kualitatif yang disajikan dalam metode deskriptifanalisis, yaitu dengan cara menggambarkan keadaan yang ada di lokasi penelitian sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian tentang strategi pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga secara umum sudah baik dan bervariasi. Secara umum langkah-langkah dalam penerapan strategi pembelajarannya yaitu guru memberikan materi secara ringkas, guru meminta peserta didik untuk mengikuti langkah-langkah strategi pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan klarifikasi, kesimpulan dan tindak lanjut berupa evaluasi pembelajaran. Dalam strategi-strategi tersebut, guru mengikutsertakan peserta didiknya untuk aktif dalam pembelajaran. Untuk dapat memajukan kualitas madrasah, khususnya di bidang akademik, hendaknya setiap guru menggunakan strategi pembelajaran yang lebih bervariasi. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran dan mata pelajaran Fiqih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 07 Oct 2016 03:11
Last Modified: 07 Oct 2016 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item