PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM INVESTASI EMAS (STUDI KASUS NASABAH PT. PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO)

Annisa, Kholid (2022) PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM INVESTASI EMAS (STUDI KASUS NASABAH PT. PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANNISA NURUL KHOLID_PENGARUH FAKTOR BUDAYA SOSIAL PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT MASYARAKAT DALAM INVESTASI EMAS (STUDI KASUS NASABAH PT. PEGADAIAN CABANG PURWOKERTO).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap individu memiliki caranya sendiri untuk mengelola keuangannya, selain digunakan untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi, juga dialokasikan dalam bentuk simpanan untuk bisa dimanfaatkan hasilnya pada waktu yang akan datang atau kebutuhan jangka panjang. Investasi emas merupakan bentuk investasi yang melindungi nilai mata uang karena emas sifatnya zero inflation (anti inflasi), jika diperhatikan dengan laju inflasi, harga emas selalu berbanding lurus. Melihat fenomena pemilihan jenis investasi emas dan jumlah masyarakat yang tertarik melakukan investasi emas semakin meningkat, maka PT. Pegadaian menawarkan beberapa produk kepada masyarakat tentang investasi emas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan populasi dalam penelitian ini, merupakan jumlah populasi yang mencakup sebesar 12.721 nasabah PT. Pegadaian Cabang Purwokerto (berdasarkan data nasabah per tanggal 23 Juni 2021). Teknik pengambilan sampel dlakukan dengan incidental sampling dan dihitung dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sebesar 100 responden yang tercatat sebagai nasabah PT. Pegadaian cabang Purwokerto. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas Faktor Budaya (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor pribadi (X3), Faktor Psikologis (X4), dan Minat Masyarakat (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebar kuesioner dan wawancara dengan beberapa narasumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda dapat diketahui bahwa Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis secara simultan berpengaruh terhadap Minat Masyarakat dalam melakukan investasi emas di PT. Pegadaian cabang Purwokerto. Sedangkan faktor budaya dan faktor sosial secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap minat masyarakat dalam investasi emas, namun faktor pribadi dan psikologis secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat dalam investasi emas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: FAKTOR PERILAKU KONSUMEN, INVESTASI EMAS
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Annisa Nurul Kholid sdr
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:31
Last Modified: 24 Feb 2022 07:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13210

Actions (login required)

View Item View Item