Nita Purwaningsih, 092335004 (2014) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM CILIBUR PAGUYANGAN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text
Nita Purwaningsih_Penerapan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Miftahul Ulum.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran pada umumnya hanya terpusat pada penyampaian materi dalam buku teks. Pendekatan pembelajaran IPA selama ini masih menekankan pada konsep-konsep yang terdapat di dalam buku (tekstual) belum memanfaatkan pendekatan kontekstual lingkungan dalam pembelajaran secara maksimal. Salah satu pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPA ini adalah dengan menggunakan eksperimen. Dengan bereksperimen guru mengajak siswa berinteraksi langsung dengan lingkungan belajar siswa. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, karena siswa lebih merespon terhadap pelajaran yang disampaikan Berdasarkan latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah bagaimana penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA kelas IV di MI Miftahul Ulum Cilibur serta apa saja faktor-faktor penghambat penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dan bagaimana upaya penanganan dalam mengatasi hambatan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas IV di MI Miftahul Ulum Cilibur Paguyangan Brebes. Adapun tujuan yang ingin diketahui dari permasalahan tersebut diatas adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas IV di MI Miftahul Ulum Cilibur Paguyangan Brebes. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah Guru Kelas IV MI Miftahul ulum Cilibur Paguyangan Brebes. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan 3 tahap kegiatan yaitu tahap reduksi data/data reduction, tahap penyajian data/data dislpay dan tahap penarik kesimpulan/conclution drawing atau verification. Dari hasil analisa ini menunjukkan bhwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas IV di MI Miftahul Ulum Cilibur Paguyangan Brebes telah dilaksanakan dengan cukup baik dan sesuai dengan konsep pembelajaran eksperimen yang ada, hal ini dapat dilihat dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar dirancang dengan baik. Faktor penghambat pada penerapan metode eksperimen di kelas IV MI Miftahul Ulum Cilibur adalah dimana dalam menggunakan metode eksperimen ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangakn penanganan guru harus biasa lebih kreatif dalam mengalokasikan waktu yang ada. Kata Kunci: Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA Kelas IV
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 01:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 01:20 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1309 |
Actions (login required)
View Item |