Septian Dani P, 082331137 (2014) MEDIA PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Septian Dani P_MEDIA PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Hakikat dari pendidikan adalah merubah pola pikir, sikap dan tindakan seseorang melalui pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga mempunyai nilai-nilai yang dijadikan pijakan dalam setiap mengatasi permasalahan dalam kehidupannya. Tujuan tersebut akan lebih mudah tercapai apabila dalam proses pembelajarannya menggunakan media baik berupa media audio, media visual maupun media audio visual dan komunikasi proses belajar antara guru dan siswa akan efektif untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian di MI Darul Hikmah Bantarsoka dengan judul penelitian:“Media Pembelajaran Al Qur’an HaditsDi MI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai jenis media yang digunakan dan bagaimana penerapannya dalam mata pelajaran Al-qur’an Hadits di MI Darul Hikmah Bantarsoka.Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian adalah guru Al-qur’an Hadits, siswa dan Kepala Sekolah. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan media pada mata pelajaran Al-qur’an hadits. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan: Dalam menyampaikan materi Al Qur’an Hadits guru MI Darul Hikmah Bantarsoka memperhatikan pemilihan media untuk pencapaian tujuan pembelajaran serta memperhatikan langkah-langkah yang harus dilakukan pada waktu proses penggunaan media diantaranya menggunakan media audio visual gambar, tape recorder, video, buku modul, film, papan visual dan media proyeksi seperti slide dan LCD Proyektor. Kata kunci: Media Pembelajaran, Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits, MI Darul Hikmah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 05:01 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 05:01 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1306 |
Actions (login required)
View Item |