METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ITTIHAAD PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SOLIKHUN, NIM. 082338075 (2014) METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ITTIHAAD PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
SOLIKHUN_METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ITTIHAAD PASIR KIDUL PURWOKERTO BARAT BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Belajar Mengajar Akidah Akhlak membutuhkan metode. Pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran Akidah Akhlak yang tepat bisa menghasilkan siswa-siswi yang bergairah dalam belajar dan memperoleh nilai yang diharapkan. Karena itu hal ini sangat penting bagi guru untuk mempelajarinya dan menerapkannya. Adapun lokasi penelitian adalah MI Al-Ittihaad Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas, saat ini merupakan salah satu MI yang bagus di Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Telah terakreditasi “A”. Pembelajarannya berhasil, siswa-siswi mendapat nilai yang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Al-Ittihaad Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penulis secara langsung mendatangi lokasi di MI Al-Ittihaad Pasir Kidul Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Metode penelitian ini adalah kualitatif, untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dan tidak menggunakan teknik analisis statistik ataupun interpretasi kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran akidah akhlak yang telah digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas V MI Al-Ittihaad Pasir Kidul adalah memuaskan yaitu siswa bergairah dalam belajar dan memperoleh nilai yang bagus di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Adapun metode pembelajaran Akidah Akhlak yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, drill, resitasi dan keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Akidah Akhlak, ceramah, tanya jawab, diskusi, drill, resitasi, keteladanan, guru dan siswa.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 03 Oct 2016 03:07
Last Modified: 03 Oct 2016 03:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1293

Actions (login required)

View Item View Item