PESAN DAKWAH DALAM LIRIK LAGU “HIDUP DI JALAN-NYA” GROUP BAND ARMADA (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDER PEIRCE)

Mohammad Rifandy, Romadhan (2021) PESAN DAKWAH DALAM LIRIK LAGU “HIDUP DI JALAN-NYA” GROUP BAND ARMADA (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDER PEIRCE). Skripsi thesis, UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammad Ridandy Romadhan_Pesan Dakwah Dalam Lirik Lagu HIDUP DI JALAN-NYA GROUP BAND ARMADA (Analisis Semiotika Charles Sander Peirce).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui analisis pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu album “Hidup di Jalan-Nya” Grup Band Armada menggunakan analisis semiotika Charles Sander Peirce. Jenis dalam penelitian ini adalah library research atau studi kepustakaan dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis teks model Analisis Wacana yang dikembangkan oleh Charles Sander Peirce dengan teknik pengumpulan data yakni melalui dokumentasi. Dalam melakukan analisis wacana kritis, analisis semiotika Charles Sander Peirce telah merumuskan tiga dimensi bangunan yaitu analisis teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Hasil Penelitian ini menunjukan beberapa kesimpulan. Dari segi lirik lagu-lagu Group Band Armada isi pesan dakwah dalam lagu “Hidup di Jalan-Nya” penulis mendapat hasil penelitian ini memuat pesan dakwah akhlak, aqidah dan syariah. Pesan akhlak terdapat dalam lagu “Hidup di Jalan-Nya” pesan aqidah terdapat dalam bagian Reff dan pesan syariah terdapat pada bait ketiga sampai lima bagian Reff. Lirik Dengan menekankan pesan tentang seseorang yang bertaubat kepada Allah, dia berjanji akan menjalankan perintah-Nya sebelum dia meninggal. Perancangan Pesan yang dominan dalam lagu “Hidup di Jalan-Nya” grup band Armada dari tiga lagu yang diteliti oleh penulis adalah pesan akhlak kepada Allah yang dominan. Pesan ini diciptakan sesuai dengan aliran ahlussunnah wal jamaah dengan menggunakan logika ekspresif dan logika konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Lirik lagu, Analisis Semiotika
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Rifandy sdr
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:56
Last Modified: 31 Dec 2021 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12355

Actions (login required)

View Item View Item