PENGARUH MOTIVASI DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB PEMINATAN SISWA KELAS X KEAGAMAAN MAN 1 BANJARNEGARA

Siti, Nur Kholifah (2021) PENGARUH MOTIVASI DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB PEMINATAN SISWA KELAS X KEAGAMAAN MAN 1 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SITI NUR KHOLIFAH-PENGARUH MOTIVAS DAN KESIAPAN BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB PEMINATAN SISWA KELAS X KEAGAMAAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan menemukan permasalahan berupa rendahnya antusias peserta didik sehingga berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab peminatan Banyak faktor yang diduga berpengaruh terhadap hasil belajar, diantaranya adalah motivasi dan kesiapan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kesiapan belajar siswa kelas X Keagamaan pada mata pelajaran bahasa Arab peminatan MAN 1 Banjarnegara baik secara parsial maupun simultan atau bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode ex-post facto dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas X Keagamaan angkatan 2019 yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitiannya, untuk uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskadastisitas. Untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F. Hasil penelitian ini berdasarkan uji t menyatakan bahwa, 1) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai thitung 2,312 dan nilai signifikansi 0,029, 2) kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai thitung 2,121 dan nilai signifikan 0,044. Berdasarkan uji F menyatakan bahwa motivasi belajar dan kesiapan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) adjusted menunjukkan besarnya pengaruh motivasi dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar sebesar 45,8% sisanya 54,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Nur Kholifah sdr
Date Deposited: 23 Dec 2021 08:30
Last Modified: 23 Dec 2021 08:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12334

Actions (login required)

View Item View Item