NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU SISWA KELAS VI SD/MI TEMA 7 KURIKULUM 2013

Irfan, Dwi Karreza (2021) NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU SISWA KELAS VI SD/MI TEMA 7 KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text (Hdlsk)
COVER_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hsjsjs)
IRFAN DWI KARREZA__NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU SISWA KELAS VI SDMI TEMA 7 KURIKULUM 2013.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan zaman, maka tuntutan akan kebutuhan sosok teladan seorang pemimpin menjadi sangat penting. Terlebih karakter kepemimpinan pada bangsa Indonesia akhir-akhir ini merosot, misalnya kasus pemimpin yang melakukan korupsi dan penyelewengan kekuasaan. Kegiatan menyimpang ini dapat berpengaruh terhadap perilaku generasi muda terutama usia anak SD. Untuk itu, penenanaman nilai-nilai kepemimpinan pada diri anak sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kepemimpinan dalam buku siswa Kepemimpinan kelas VI untuk SD/MI edisi revisi 2018 Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen yaitu buku siswa Kepemimpinan kelas VI untuk SD/MI edisi revisi 2018 Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil analisis nilai-nilai kepemimpinan dalam buku siswa Kepemimpinan kelas VI untuk SD/MI edisi revisi 2018 Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjukkan bahwa terdapat lima nilai kepemimpinan yang harus dikuasi anak yaitu nilai tanggung jawab, nilai integritas dan moralitas, nilai komitmen meningkatkan kualitas SDM, nilai kebijaksanaan, dan nilai keteladanan. Kata Kunci: nilai kepemimpinan, buku teks siswa, kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai kepemimpinan, buku teks siswa, kurikulum 2013
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Irfan Dwi Karreza
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:55
Last Modified: 24 Nov 2021 07:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12209

Actions (login required)

View Item View Item