STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI KOMPARASI PADA PONDOK TAHFIDZ ISLAMIC CENTRE BIN BAZ BANTUL, PONDOK TAHFIDZ SYAIKH JAMILURRAHMAN AS SALAFY BANTUL DAN PONDOK TAHFIDZ YAUMI SLEMAN YOGYAKARTA)

M. Utsman Arif, Fathah (2021) STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI KOMPARASI PADA PONDOK TAHFIDZ ISLAMIC CENTRE BIN BAZ BANTUL, PONDOK TAHFIDZ SYAIKH JAMILURRAHMAN AS SALAFY BANTUL DAN PONDOK TAHFIDZ YAUMI SLEMAN YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
M.Utsman Arif Fathah_Strategi Menghafal Al-Qur'an.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang memberikan petunjuk kepada umat manusia, yang mana penjagaannya sudah dijamin oleh Allah melalui perantara manusia berupa menghafal Al-Qur’an agar tetap terjaga keasliannya. Sebagai usaha mencetak hafidz atau hafidzah, maka di Indonesia sudah banyak Pondok Pesanten Tahfidz Al-Qur’an yang terkenal dengan program unggulannya yaitu Tahfidz Al-Qur’an. Langkah untuk mencetak hafidz dan hafidzah tentunya dengan melakukan berbagai upaya diantaranya adalah strategi menghafal Al-Qur’an yang sesuai dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian paradigma kualitatif deskriptif komparatif, dengan membandingkan strategi menghafal Al-Qur’an di tiga Pondok Tahfidz. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini akan mendeskripsikan dan melakukan analisa pada tiga tempat secara komparatif yaitu pada Pondok Tahfidz Islamic Centre Bin Baz Bantul, Pondok Tahfidz Syaikh Jamilurrahman As Salafy Bantul dan Pondok Tahfidz Yaumi Sleman Yogyakarta. Analisis data yang dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi menghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfidz Islamic Centre Bin Baz Bantul, Pondok Tahfidz Syaikh Jamilurrahman As Salafy Bantul, dan Pondok Tahfidz Yaumi Sleman Yogyakarta memiliki tiga strategi utama yaitu persiapan menghafal Al-Qur’an, proses menghafal Al-Qur’an dan evaluasi menghafal Al-Qur’an. Persiapan menghafal Al-Qur’an meliputi penentuan target menghafal, tahsin Al-Qur’an, penggunaan mushaf standar dan i’dadu at-tahfidz. Kemudian proses menghafal Al-Qur’an meliputi halaqah tahfidz, penggunaan metode menghafal Al-Qur’an, ‘iqab, program khusus dan pengembangan khusus. Kemudian evaluasi menghafal Al-Qur’an meliputi tasmi’ hafalan, ikhtibar dan evaluasi hafalan serta sanad hafalan Al-Qur’an. Persamaan strategi menghafal yang digunakan pada tiga Pondok Tahfidz ini adalah penentuan target, tahsin Al-Qur’an, pengggunaan mushaf standar, halaqah tahfidz, penggunaan metode menghafal Al-Qur’an, motivasi berkala dari mudir dan waka tahfidz, tasmi’ hafalan, ikhtibar dan evaluasi hafalan. Kemudian perbedaan strategi menghafal pada tiga Pondok ini adalah I’dadu at-tahfidz, ‘iqab, daurah tahfidz Al-Qur’an, Karantina, MA Tahfidz dan sanad hafalan Al-Qur’an, fasilitas khusus berupa showcase minuman dan penyatuan program qism ibadah dengan tahfidz.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Menghafal Al-Qur'an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.04 TOpik Khusus
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad utsman arif fathah sdr
Date Deposited: 30 Oct 2021 08:53
Last Modified: 30 Oct 2021 08:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12124

Actions (login required)

View Item View Item