Fina, Milatul Husna (2021) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI 01 BADAK KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
FINA MILATUL HUSNA_IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD NEGERI 01 BADAK KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan faktor yang sangat penting dalam membangun karakter bangsa yang baik. Pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini melalui jenjang pendidikan dasar. Implementasi pendidikan karakter pada peserta didik dilakukan melalui pembiasaan setiap hari maupun terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi nilai pendidikan karakter, nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan, dan hambatan yang ditemui dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 01 Badak Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, wali kelas IV, dan peserta didik. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumetasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai pendidikan karakter pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Negeri 01 Badak Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pemeblajaran tematik. Tahap perencanaan implementasi pendidikan karakter dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam silabus dan RPP pembelajaran tematik. Tahap pelaksanaan implementasi pendidikan karakter dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dari pembukaan, inti, dan penutup pembelajaran. Faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik antara lain, sikap kepala sekolah yang memberikan contoh yang baik kepada guru maupun peserta didik, kerjasama anatara guru dan walimurid sangat berpengaruh dalam pengimplementasian pendidikan karakter, media pembelajaran yang digunakan. Sedangkan pada hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik antara lain, lingkungan tempat tinggal peserta didik, kerjasama orang tua, dan beban administrasi guru. Dalam pelaksanaannya guru mengembangkan dan membiasakan 14 nilai karakter, anatara lain nilai religius, jujur, toleranasi, disiplin, tanggung jawab, rasa ingin tahu, kreatif, percaya diri, menghargai prestasi, peduli lingkungan, peduli sosial, mandiri, kerja keras, dan berani.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fina Milatul Husna |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 03:29 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 03:29 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11504 |
Actions (login required)
View Item |