KukuhFajarNovianto, 102338062 (2016) PEMBELAJARAN MENGHAFAL JUZ’AMMA DI MI YINUBA BEJI KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text
Kukuh Fajar_PEMBELAJARAN MENGHAFAL JUZ ‘AMMA DI MI YINUBA BEJI KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam penelitian secara oprasional menjadi tugas dan kewajiban umat Islam untuk selalu menjaga dan memelihara AlQur’an, salah satunya ialah dengan menghafalkanya. Namun keadaan di zaman modern sepertisekarang ini, masih sedikit orang Islam yang mau menghafalkan AlQur’an. Untuk menarik minat mereka maka perlu adanya metode pembelajaran yang memudahkan dan sistematis. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran menghafal AlQur’an yang sistematis untuk menunjang keberhasilan mereka dalam menghafal Al-Qur’an. Ada beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran menghafalJuz’Amma di MI YINUBA BejiKecamatanBojongsariKabupatenPurbalingga. Yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran menghafal Juz’Amma di MI YINUBA BejiKecamatanBojongsariKabupatenPurbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis tentang metode pembelajaran menghafal Juz’Amma di MI YINUBA BejiKecamatanBojongsariKabupatenPurbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang jugamengampudanmembimbing pembelajaran menghafal Juz’Amma. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan ( observasi ), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan di MI YINUBA Beji Kecamatan Bojongsari KabupatenPurbalingga dalam menghafal Juz’Amma yaitu: (1) Metode Juz’i, yaitu cara menghafal secara berangsur-angsur atau sebagian demi sebagian dan menghubungkannya antara bagian yang satu dengan bagian yang lainya dalam satu kesatuanmateri yang dihafalkan. (2) Metode takrir adalah suatu metode mengulang hafalan yang sudah diperdengarkan kepada instruktur ( guru ) yang fungsinya adalah untuk menjaga agar materi yang sudah dihafalkan tidak kelupaan. (3)Metode setorandalam aktifitas menghafal adalah memperdengarkan hafalan-hafalan baru kepada guru. Kegiatan setoran inilah maka hafalan siswa disimak oleh guru sehingga hafalan siswa akan bertambah, di samping itu bacaan yang meliputi makhroj maupun tadjwidnya. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Menghafal Juz’ Amma.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 03:59 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 03:59 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1109 |
Actions (login required)
View Item |