ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS III SD/MI TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DENGAN KURIKULUM 2013

Dwi Putri, Lestari (2021) ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS III SD/MI TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DENGAN KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dwi Putri Lestari_Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas III SD MI Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup dengan Kurikulum 2013.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas kesesuaian isi buku teks siswa kelas III SD/MI tema “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup” dengan kurikulum 2013. Buku tematik telah mengalami beberapa kali revisi yang berarti masih terdapat kekurangan. Informasi yang didapatkan dari hasil wawancara dengan guru kelas I SD Negeri 3 Wangon bahwa guru pernah menemukan ketidaksesuaian antara materi di buku teks siswa dengan kompetensi dasar. Padahal buku merupakan sumber belajar yang sering digunakan siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian isi materi dengan kompetensi dasar, kesesuaian isi buku teks dengan aspek pendekatan saintifik, kesesuaian isi buku teks dengan ilustrasi gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi atau dokumen. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa isi buku teks siswa kelas III SD/MI tema “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup” yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditinjau dari kompetensi dasar kurikulum 2013, aspek pendekatan saintifik serta ilustrasi gambar diperoleh hasil persentase pada masing – masing indikator adalah sebagai berikut; (1) Kesesuaian isi materi buku teks siswa dengan kompetensi dasar memperoleh persentase sebesar 92,4% sehingga termasuk dalam kategori sangat sesuai; (2) Kesesuaian isi buku teks siswa dengan aspek pendekatan saintifik memperoleh persentase sebesar 82,5% sehingga termasuk dalam kategori sangat sesuai; (3) Kesesuaian isi buku teks siswa dengan ilustrasi gambar memperoleh persentase sebesar 93,8% sehingga termasuk dalam kategori sangat sesuai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku teks siswa kelas III tema “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup” dengan Kurikulum 2013 sangat sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian Buku, Buku Teks, Kurikulum 2013
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.9 Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Putri Lestari
Date Deposited: 08 Aug 2021 05:09
Last Modified: 08 Aug 2021 05:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10699

Actions (login required)

View Item View Item