PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI ALAT PERAGA KONKRIT PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI MUHAMMADIYAH LANGGAR KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ARIYANTO, NIM. 102336043 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI ALAT PERAGA KONKRIT PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI MUHAMMADIYAH LANGGAR KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
ARIYANTO_PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI ALAT PERAGA KONKRIT PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI MUHAMMADIYAH LANGGAR KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2013 2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan data nilai pembelajaran IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V semester II, di MI Muhammadiyah Langgar Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, masih banyak siswa yang belum mampu mencapai nilai sesuai dengan KKM sehingga prosentase ketuntasan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPA khususnya materi pesawat sederhana masih sangat rendah. Hal tersebut mengharuskan guru untuk memilih penggunaan alat peraga konkrit, sehingga pembelajaran lebih menarik perhatian siswa, dapat berjalan lebih efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran dapat lebih mudah tercapai. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah " Apakah penggunaan alat peraga konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pesawat sederhana pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V semester II di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Langgar Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014 ?. Penelitian ini menggunakan PTK sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Langgar Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Tahun Pelajaran 2013/2014. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal/pra siklus, sampai siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang diperoleh yaitu, kondisi awal ( 59,38), siklus I (67,5), dan siklus II (78,75). Sedangkan berdasarkan prosentase ketuntasan yang diperoleh yaitu, kondisi awal dari 16 siswa baru 6 yang mencapai KKM atau 37,5%, siklus I dari 16 siswa sudah ada 10 yang mencapai KKM atau 62,5%, dan siklus II dari 16 siswa sudah 15 yang mencapai KKM atau 93,75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan alat peraga konkrit dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V Semester II MI Muhammadiyah Langgar Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014, serta pembelajaran dengan alat peraga konkrit ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA khususnya materi pesawat sederhana. Kata Kunci : Hasil belajar, mata pelajaran IPA, pembelajaran melalui alat peraga konkrit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 24 Aug 2016 03:17
Last Modified: 24 Aug 2016 03:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item