PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MA'ARIF NU 02 KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

KHOTIB NOVEKA, NIM. 102338126 (2016) PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MA'ARIF NU 02 KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
KHOTIB NOVEKA_PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MA'ARIF NU 0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah bahwa pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah tidak sedikit yang mengalami kegagalan, salah satu faktor kegagalannya adalah lemahnya guru dalam penggunaan pendekatan pembelajaran yang digunakan. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti pendekatan saintifik dalam pembelajaran SKI di MI Ma'arif NU 02 Kembangan Bukateja Purbalingga. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pendekatan saintifik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas IV MI Ma'arif NU 02 Kembangan Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SKI MI Ma'arif NU 02 Kembangan Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Pertama mengamati, siswa diminta mengamati gambar tentang perbuatan yang baik sebagaimana sikap nabi, dan peserta didik diarahkan untuk bertanya, sedangkan peserta didik yang lain dipersilakan untuk menjawab pertanyaan dari temannya. Kedua menanya dalam kegiatan menanya guru meminta peserta didik untuk bertanya tentang gambar yang ada di buku pegangan siswa yang telah diamati. Ketiga mengumpulkan informasi dengan cara siswa bekerja dalam sebuah kelompok, masing-masing kelompok mencari informasi tentang sifat-sifat nabi yang meliputi sidiq, amanah, tabligh dan fathanah. keempat menalar dalam hal ini guru memberi perintah kepada siswa untuk mengerjakan teka teki silang terkait materi tentang kepribadian Nabi Muhammad Saw yang ada di buku siswa. Kelima mengkomunikasikan pada aspek mengkomunikasikan guru belum menerapkan dalam pembelajaran SKI. Kata kunci: Pendekatan, Saintifik, Mata Pelajaran SKI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 15 Aug 2016 08:05
Last Modified: 15 Aug 2016 08:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item