PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMPN 01 SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN

SITI AWALIYATUL MUNAWAROH, 1522407037 (2019) PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMPN 01 SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL ALIYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang bertujuan untuk membekali siswa dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta bekerja sama. Untuk memperoleh hasil belajar yang tinggi bukanlah hal yang mudah.Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya adalah minat siswa dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation. Minat siswa merupakan aktivitas mental yang dapat merangsang perasaan senang terhadap suatu yang dijadikan sebagai stimulus. Siswa yang memiliki minat yang tinggi berarti peserta didik tersebut memiliki peluang besar untuk memahami suatu materi pembelajaran himpunan. Sedangkan partisipasi sebagai tingkah lakunya untuk berperan aktif dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa ada pengaruh minat siswa dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika SMP Negeri 01 Siwalan Kabupaten Pekalongan. Peneliti melakukan penelitian survei dengan melibatkan populasi respondennya berjumlah 93 dan sampel responden sebanyak 75 siswa yang terdiri dari kelas VII A, VII B, VII C SMPN 01 Siwalan Kabupaten Pekalongan dari masing-masing kelas terdiri dari 31 siswa kelas VII A, 31 siswa kelas VII B, dan 31 siswa kelas VII C. Variabel yang diteliti untuk variabel bebas yaitu minat siswa, partisipasi siswa dalam pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Instrumen yang disusun kemudian diuji validitas menggunakan rumus product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar siswa dan partisipasi siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika di SMP Negeri 01 Siwalan Kabupaten Pekalongan. Untuk nilai signifikansi p (0,000 < 0,05) yang mencapai 59,2 %. Persamaan regresi linier berganda yang terbentuk yakni Y ̂=-33,951+0,690X_1+0,978X_2. Kata Kunci: Minat, Partisipasi, Group Investigation, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Partisipasi, Group Investigation, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:17
Last Modified: 22 Jan 2020 02:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6860

Actions (login required)

View Item View Item