PEMETAAN SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL MATEMATIKA BERDASARKAN ASPEK KOGNITIF TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI KABUPATEN BANYUMAS DAN CILACAP

Yulianto, Mandala (2019) PEMETAAN SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL MATEMATIKA BERDASARKAN ASPEK KOGNITIF TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI KABUPATEN BANYUMAS DAN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEMETAAN SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL MATEMATIKA BERDASARKAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Ujian Nasional merupakan salah satu bentuk evaluasi yang menstandarkan nilai peserta didik di Indonesia. Sehingga perlu adanya persiapan khusus dalam menghadapi Ujian Nasional, diantaranya adalah penyusunan soal latihan yang memperhatikan aspek kognitif yang akan diukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aspek Kognitif Taksonomi Bloom pada soal Latihan Ujian Nasional di Banyumas dan Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualititaif dengan jenis penelitian literatur. Penelitian ini dilakukan di sekretariat MGMP Matematika SMP Kabupaten Banyumas dan sekretariat MGMP Matematika SMP Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analsis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Soal Latihan Ujian Nasional Kabupaten Banyumas dan Cilacap belum memenuhi standar soal yang baik. Soal yang baik berdasarkan komposisi Taksonomi Bloom dirumuskan sebagai berikut, 30% untuk untuk soal mudah (C1 dan C2), 40% untuk soal sedang (C3 dan C4), 30% untuk soal sukar (C5 dan C6). Dalam soal Latihan Ujian Nasional Kabuaten Banyumas soal sedang (C3 dan C4) masih mendominasi dari keseluruhan soal yaitu sebanyak 75%. Sedangkan soal mudah (C1 dan C2) hanya 25% dari keseluruhan soal. Dan soal dengan kategori sukar (C5 dan C6) tidak ditemukan satupun. Begitu juga dengan Soal Latihan Ujian Nasional Kabupaten Cilacap belum memenuhi standar soal yang baik karena soal sedang (C3 dan C4) masih mendominasi dari keseluruhan soal yaitu sebanyak 77,5%. Sedangkan soal mudah (C1 dan C2) hanya 22,5% dari keseluruhan soal. Dan soal dengan kategori sukar (C5 dan C6) tidak ditemukan satupun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemetaan, Latihan, Ujian, Nasional, Kognitif
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 04 Nov 2019 08:17
Last Modified: 04 Nov 2019 08:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6370

Actions (login required)

View Item View Item