PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN ROUND ROBIN (MERESPON BERGILIRAN) DI KELAS V MI MA’ARIF NU KARANGPUCUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WARDATUL WAHYUNI, NIM. 14233050221 (2019) PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN ROUND ROBIN (MERESPON BERGILIRAN) DI KELAS V MI MA’ARIF NU KARANGPUCUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui metode pembelajaran Round Robin (merespon bergiliran). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V MI Ma’arif NU Karangpucung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas yang berjumlah 15 peserta didik yang terdiri dari 5 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes evaluasi untuk mengukur prestasi belajar, lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas peserta didik, dan angket untuk mengukur rasa percaya diri, analisis datanya secara deskriptif kualitatif dipersentasekan. Berdasarkan hasil penilaian skala sikap rasa percaya diri peserta didik diperoleh rata-rata 3,06 pada siklus I dan meningkat menjadi 4 pada siklus II. Berdasarkan penilaian prestasi belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata 69,20 dengan ketuntasan belajar 66,66% pada siklus I, kemudian pada siklus II prestasi belajar peserta didik meningkat dengan diperolehnya nilai rata-rata 76 dengan ketuntasan belajar 86,66%. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode pembelajaran Round Robin (merespon bergiliran) dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar IPS peserta didik kelas V MI Ma’arif NU Karangpucung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rasa Percaya Diri, Prestasi Belajar, IPS, Round Robin
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:39
Last Modified: 13 Feb 2019 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5129

Actions (login required)

View Item View Item